Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Jumat, 08 Juni 2012

Batik Batang

Kita Juga Bisa | Danang Satrio
Batik adalah warisan budaya Bangsa Indonesia yang adiluhung.dan kita pun bisa membuat.


Batik Batang | Vina Agustine
Beliau adalah pembatik tulis batang yang tinggal di Jalan Kertonegaran Batang, Di usianya yang sudah lebih dari 70 tahun, beliau masih mahir menggunakan canting untuk membatik tulis tradisional dan hasil karya beliau masih diminati oleh para kolektor batik tulis. 


Mbah Kom | Vina Agustine
Mbah kom adalah pembatik tulis batang yang tinggal di Jalan Kertonegaran Batang,  beliau membuat batik di rumahnya yang sudah kuno dan mengisi masa tuanya membuat batik tulis. Dengan tetap bekerja membuat batik tulis membuatnya tidak pikun di usia 70 tahun lebih. Batik tulis tetap beliau pertahankan ke asliannya.


Mbatik | Vina Agustine
Membatik telah beliau tekuni selama bertahun tahun, bahkan diusianya yang telah menginjak 70 tahun lebih beliau tetap mempertahankan kualitas batik tulis tradisional. Beliau dengan senang hati akan mengajarkan pembuatan batik tersebut kepada orang yang berminat belajar batik tulis tradisional.


Batik Canting | Daudi Sidiq
Di desa Kalipucang Wetan Batang masih banyak ibu – ibu rumah tangga yang mencari nafkah dengan membatik. Dengan peralatan sederhana, tangan terampil mereka menggoreskan pola-pola ke dalam kain. Batik tradisional ini masih banyak diminati oleh masyarakat, selain unik batik canting sangat berbeda dengan batik printing dan batik sablon. 
Dalam waktu dekat desa Kalipucang Wetan akan mencanangkan sebagai desa batik dengan produknya yaitu batik canting tiga negeri. Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa Kalipucang Wetan.

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.