Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Senin, 27 Agustus 2012

Pranten Bawang

Pranten adalah salah satu desa terluar di Kecamatan Bawang dan juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara. Akses menuju desa ini telah baik. Namun jalan penghubung dukuh Pranten dan dukuh Siglagah tidak bisa dilalui kendaraan dikarenakan jembatan putus. Sudah lama jembatan ini tidak diperbaiki. Padahal jika desa ini dapat menjadi jalur terpendek dari Pantura untuk menuju ke Wisata Dataran Tinggi Dieng. Namun jangan salah, Pranten sudah memasuki kawasan Dataran Tinggi Dieng juga.

Karakteristik penduduknya sama persis dengan warga di Dataran Tinggi Dieng pada umumnya. Disini dapat dijumpai tembakau Ngeblak yang harganya mahal karena hanya tumbuh di daerah pegunungan saja.

 Di Pranten juga terdapat pemandian air hangat yang biasa digunakan oleh warga untuk MCK. Air ini diambil langsung dari kawah yang berada di tebing bebatuan gunung di atas pemandian. Tempat ini memiliki pemandangan yang cukup bagus. Jika dikelola dengan baik dengan sarana dan prasarana yang mulus, pasti Pranten dapat dijadikan destinasi di jalur wisata Dataran Tinggi Dieng.

Gendong Sayuran

Kakek-Kakek Pranten


Desa Pranten

Pemandian Air Hangat Pranten
Sumber Mata Air Hangat

Sayuran Pranten


Tembakau Ngeblak

Tanaman Kentang

Perbatasan Batang dan Banjarnegara

1 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.