Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Senin, 07 Januari 2013

Rabwan (Tempat Tinggi) di Kedung Boto, Kedung Segok, Tulis

Dari laporan saudara Sony Mahewal tentang keberadaan bangunan Megalitikum Jaman Purba, akhirnya Gallery Photo Kabupaten Batang mencoba menelusuri keberadaannya. Secara pasti jenis bangunan purba ini dinamai apa kami tidak mengetahui. Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat kami informasikan berdasarkan observasi, referensi, dan wawancara warga.

Bangunan seperti ini menyerupai peninggalan megalitikum yang ada di Gunung Padang, Cianjur. Akan tetapi luas nya lebih kecil dan bentuk batunya berbeda. Di Kedungboto ini bentuk batunya lebih besar dan bentuknya masih terlihat tersusun dengan rapi namun tidak terlihat bentuk aslinya. Dari sisa yang ada kemungkinan berbentuk seperti menara yang dimana atasnya memiliki tingkatan.

Di atas bangunan purba ini terdapat kuburan kuno yang bernisankan batu, jenisnya sama dengan yang tersusun di bawahnya. Kuburan berundak (memiliki tingkatan yang berbeda) hingga paling puncak. Ini seperti kasta yang diterapkan umat hindu dan pemakaman di tanah Toraja. Kuburan dapat dijumpai di atas bukit ini yang telah tertutupi oleh pohon kakau dan diselimuti tanah. Ada beberapa kuburan yang tertata oleh perkarangan bebatuan alami, letaknya paling atas. Dibawahnya ada beberapa kuburan yang telah di pondasi semen dan beberapa dibuatkan terassering untuk mencegah longsor.

Kawasan ini dekat dengan pantai Roban. Di buku sejarah dan budaya Kabupaten Batang disebutkan nama daerah yang mirip yaitu Roban dan Reban, dimana nama itu diambilkan dari kata "Rabwan" yang berarti tempat tinggi pemakaman para raja. Pada buku tersebut dijelaskan bahwa makna Rsbwan lebih sesuai dikaitkan dengan Reban, dimana Reban kedudukannya lebih tinggi. Namun jika ditemukannya bangunan purba ini benar. Maka bisa dipastikan bahwa nama Roban berasal dari bangunan ini. Dikarenakan tempat ini tinggi dan merupakan tempat pemujaan.

Disekitar tempat ini juga terdapat sungai. Mungkin sengaja dibuat di dekat sungai karena untuk mensucikan atau melarung sesaji.

Dari informasi yang terkumpul dari masyarakat, dipercaya bahwa bangunan ini adalah peninggalan wali. Akan tetapi menurut kami bangunan ini telah ada sebelum jaman wali.

Ini akan terus ditelusuri dan dilaporkan agar dapat diteliti oleh ahlinya.

Susunan Batu Rapi

Dekat Sungai

Membentuk Susunan

Membentuk Susunan

Beberapa Batu di sekitar kuburan yang telah di semen
By. Lukman dan Najib

1 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.