Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Sabtu, 02 Februari 2013

Yoni Kalisari Reban

Sony Mahewal | Yoni Kalisari dari Samping

Sony Mahewal | Yoni Kalisari dari Samping

Sony Mahewal | Yoni Kalisari dari Atas

Yoni Kalisari terdapat ditengah sawah dekat kampung dan jalan tengah desa Kalisari (Koordinat -7.06531, 109.91172) ketinggian sekitar 665 mdpl. Yoni di dukuh Kalisari, Desa Kalisari ini dikenal dengan Batu Pengilon. Konon dahulu batu ini memancarkan cahaya hasil pantulan cahaya yang terpantul oleh air yang ada di lubang batu. Namun pancaran cahaya dari batu tersebut berbeda dengan pantulan cahaya biasanya. Air di lubang Yoni selalu terisi air. "Jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu, dahulu jaman sakti, batu bisa memancarkan sinar, dan airnya keluar terus menerus" kurang lebih Pak Sugiyono (Kadus Kalisari) menuturkan demikian.

Posisi Yoni setengah bagian Yoni terkubur dalam tanah. Kondisi sebagian ujung lubang untuk lingga rusak karna terbentur alat tani. Belum diketahui asal mula keberadaan yoni ini.

Sekilas tentang Kalisari :
Kalisari adalah sebuah desa di Kecamatan Reban yang hanya memiliki 1 dusun. Desa yang terletak sederet diantara Desa Kemesu dan Desa Lobang ini memiliki marka penunjuk perangkat desa yang lengkap sehigga apabila mencari rumah perangkat desa dapat ditemukan dengan mudah. Kondisi jalan yang baik menunjang perekonomian masyarakat.

Obeservasi : Lukman & Heru Setiawan
Deskripsi : Lukman

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.