Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Jumat, 08 Februari 2013

Desa Wisata Pranten Butuh Jembatan

Desa Pranten Kecamatan Bawang merupakan Desa Terluar di Kabupaten Batang (koordinat -7.17686,109.904137) dengan ketinggian sekitar 1700 - 1800 mdpl, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.

Desa Wisata yang dicanangkan atas kerjasama Badan Lingkungan Hidup dengan Pemerintah Desa karena memiliki potensi sebagai Hutan Lindung, Mata Air Hangat, Resapan Air, dan Pertanian. Desa ini masuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Seharusnya menjadi jalur wisata terdekat dari Jalur Pantura. Akan tetapi terputus karena tidak adanya jembatan.

Daerah yang rentan mengalami kelongsoran ini membutuhkan jembatan untuk menghubungkan kampung di sisi timur dengan barat sekaligus menghubungkan Kabupaten Batang dengan Kabupaten Banjarnegara sehingga menjadi Jalur Wisata alternatif menuju Dataran Tinggi Dieng. Di samping itu, sebagai jalur wisata perlu pembangunan bertahap untuk pemanfaatan potensi yang ada di desa Pranten sehingga menghidupkan ekonomi masyarakat.


Papan Gapuro Desa Wisata Pranten Hasil Kerjasama Badan Lingkungan Hidup dengan Pemerintah Desa

Di Musim Hujan Daerah Ini Rentan Longsor

Jembatan Yang Telah Lama Menjadi Bangkai

Jembatan Pengganti Menggunakan Kayu

Seorang Warga Harus Menanjaki Tebing Terjal Untuk Sampai Jalan

Keadaan Seberang Jembatanpun Tak Luput Dari Longsor.

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.