Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Kamis, 21 Maret 2013

Curug Sidangkrong Bandar

Curug Sidangkrong |  viana_civa@yahoo.com
Curug Sidangkrong dari dekat |  viana_civa@yahoo.com


Curug ini terletak di Kecamatan Bandar dan berjarak kurang lebih 40km dari pusat Kabupaten Batang sehingga cukup mudah untuk dijangkau. Apabila anda berminat untuk berkunjung ke sana, anda bisa mengikuti jalur selatan, dari alun-alun Batang ke selatan  hingga sampai ke pasar Bandar. Dari Pasar Bandar belok kiri, tetap ikuti jalan hingga sampai di sebuah jembatan besar. Di sebelah jembatan ada sebuah warung makanan satu-satunya, jangan malu bertanya, karena warung itulah yang akan menjadi pembuka jalan bagi pengunjung Curug Sidangkrong. 

Pemilik warung akan menunjukkan arah menuju curug yang ternyata terletak di balik warung tersebut. Sedikit tercengang, karena memang tak ada tanda-tanda keberadaan curug di situ. Letak Curug Sidangkrong memang tersembunyi, terletak di balik rimbunnya pepohonan dan persawahan. Karena medan sangat tidak memungkinkan untuk dijangkau menggunakan kendaraan, anda bisa menitipkan kendaraan anda di warung tersebut, kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak melewati kebun bambu dan persawahan yang terletak di belakang warung.

Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan asri, hamparan sawah dan sungai. Namun petualangan yang sebenarnya baru akan dimulai di sini, ternyata Curug Sidangkrong berada di seberang sungai tersebut, dengan artian, anda harus menyeberangi sungai tersebut, saya sarankan untuk tidak datang ke sana pada saat musim hujan, karena aliran sungai akan sangat deras, sehingga berbahaya untuk disebrangi.

Namun pengorbanan itu akan terbayar oleh keindahan Curug Sidangkrong. Curug ini memang tidak terlalu besar, ketinggiannya mungkin hanya sekitar 12 m, namun keindahannya tak kalah saing dengan curug-curug pada umumnya. Aliran curug Sidangkrong membentuk seperti sebuah tirai indah yang digelar dari atas ke bawah, dan di sebelah kanan curug terdapat sebuah gua kecil yang tlah tertutup tumbuhan menjalar. Ada sebuah mitos yang diceritakan oleh penduduk setempat, bahwa apabila anda mengunjungi Curug Sidangkrong dan melihat sebuah ular besar, maka anda akan segera melangsungkan pernikahan.

Terlepas dari mitos tersebut, Curug Sidangkrong memanglah sebuah curug yang mempunyai potensi untuk dikembangkan, selain lingkungannya yang masih asri, medan untuk menjangkaunya pun cukup mudah. Sehingga sangat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi obyek pariwisata.

tulisan by Agustin Ayunk

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.