Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Selasa, 23 Juli 2013

Makam Auliya Wonobodro

Di desa Wonobodro kecamatan Blado ada Makam Auliya Wonobodro. Komplek makam ini terdapat beberapa makam tokoh penyebar agama Islam, seperti Sunan Maulana Malik Ibrahim atau Makdum Ibrahim As-Samarkandy atau biasa dikenal sebagai Syeikh Maulana Maghribi.

Di bukit Wonobodro ini juga terdapat makam Ki Ageng Wonobodro atau yang biasa disebut sebagai Ki Ageng Pekalongan karena beliaulah pendiri Kota Pekalongan.

Di desa Wonobodro terdapat dua kekuasaan kepemimpinan. Yaitu lurah sebagai kepala desa dan lurah sebagai pimpinan makam. Ini dikarenakan bahwa tanah makam Wonobodro adalah tanah perdikan. Tanah perdikan adalah tanah yang dimerdekaan oleh kerajaan pada masa lalu dikarenakan jasanya kepada raja. Mengingat bahwa makam yang ada di Wonobodro adalah makam para tokoh yang sangat penting.

Tim Ekspedisi Budaya Desa Perbatasan tidak dapat mencari informasi tentang kawasan yang berada dalam pagar makam. Akan tetapi tim ekspedisi mendapatkan beberapa informasi peninggalan para Auliya Wonobodro.

Jalan menuju gerbang makam

Gerbang makam

Tata tertib peziarah
  
Tempat wudlu Auliya Wonobodro

Pasujudan Auliya Wonobodro

Pengukuran Arah Pasujudan Auliya Wonobodro Menggunakan Kompas

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.