Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Rabu, 24 Juli 2013

Penemuan Baru di Situs Sibebek

Sibebek masuk dalam wilayah administratif kecamatan Bawang. Desa Sibebek adalah desa yang memiliki banyak benda cagar budaya. Ada beberapa lokasi di desa Sibebek yang menjadi tempat penemuan, salah satunya adalah kawasan Candi Klenteng dan Sawah Reco. 

Di Candi Klenteng terdapat Nandi, Yoni, dan Kemuncak jumlahnya dua buah. Belum lama ini juga ditemukan Kemuncak yang bentuknya menyerupai benteng pada permainan catur.

Selain di Candi Klenteng tempat yang banyak ditemukan arca adalah di Sawah Reco. Reco (Bahasa Jawa) berarti patung. Dahulu banyak patung yang ditemukan di sawah ini. Beberapa patung yang ditemukan telah hilang oleh tangan-tangan manusia yang tak bertanggungjawab.

Saat tim ekepedisi mengunjungi desa Sibebek, perangkat desa menyambutnya dengan penuh antusias. Mereka mengantarkan tim ekspedisi ke beberapa tempat yang ditemukan cagar budaya dan dugaan cagar budaya.

Ditemukan beberapa cagar budaya yang ada di Sawah Reco dan rumah penduduk. Di sawah Reco ditemukan yoni dalam bentuk lain. Tim ekspedisi pernah menjumpai bentuk yang sejenis saat mengunjungi desa Pejaten kecamatan Tersono. Di rumah penduduk ditemukan Arca Nandi dan Umpak Merah.

Pemahaman masyarakat terhadap cagar budaya sangat rendah bahkan ada yang tidak tahu sama sekali cagar budaya. Hingga penemuan cagar budaya malahan digunakan tidak semestinya. Nandi digunakan sebagai pondasi emperan rumah dan umpak digunakan sebagai tempat mencuci di sebuah kamar mandi warga.

Sesuai dengan tujuan dari Ekspedisi Budaya Desa Perbatasan dan sebagai desa penginapan untuk melakukan sosialisasi cagar budaya maka di desa Sibebek ini tim ekspedisi mengadakan sosialisasi cagar budaya dan pemutaran film tentang budaya.

Penemuan Arca Nandi yang menjadi pondasi rumah warga

Pengukuran posisi Arca Nandi menggunakan GPS.

Kondisi Arca Nandi, kepalanya telah hilang. 

Yoni di Sawah Reco berbentuk batu bulat serupa dengan yoni yang berada di Pejaten.

Yoni dari samping.

Diskusi bersama warga penggarap sawah sekitar Sawah Reco

Umpak Merah di kamar mandi warga.

Umpak Merah

Candi Klenteng : Nandi, Yoni, 2 buah Bantalan Kemuncak (samping kanan), dan 2 buah Kemuncak berbentuk benteng catur yang belum lama ditemukan (depan).

Candi Klenteng.

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.