Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Jumat, 03 Oktober 2014

Bintoro Mulyo Butuh Asupan Pendidikan

Desa Pranten berada di Kecamatan Bawang merupakan desa terluar Kabupaten Batang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Masuk dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Akan tetapi akses menuju desa ini terputus oleh jembatan yang tak selesai dibangun sejak lama.

Bintoro Mulyo adalah nama salah satu dukuh di desa Pranten. Dukuh ini adalah dukuh relokasi dari lokasi sebelumnya yang rawan longsor, yang kemudian dipindahkan ke lokasi sekarang ini dan menggunakan nama 'Bintoro' Mulyo (diambilkan dari nama Bupati Batang pada masa jabatannya Bambang Bintoro).
Dukuh Bintoro Mulyo Desa Pranten
 Akses menuju dukuh ini agar dapat membawa kendaraan bermotor yang paling mudah adalah via Banjarnegara. Dari situ bisa lewat Desa Bitingan (kawasan kawah Sileri Banjarnegara) atau juga lewat pusat pemerintahan desa Pranten yaitu dukuh Rejosari kemudian dukuh Sigemblong. Hanya jalanan bebatuan dan beberapa cor beton ditanjakan curam yang menghiasi perjalanan sampai Bintoro Mulyo.

Setiap dukuh di desa Pranten memiliki SD tersendiri. Begitu pula di dukuh Bintoro Mulyo. Di dukuh ini terdapat sekitar 40 Siswa SD. Dari jumlah tersebut hanya ada 1 yang melanjutkan ke SMP hingga saat ini. Perlu diketahui, ketika kami ngobrol dengan warga, ternyata guru SD setempat tidak masuk setiap hari. Hanya Selasa, Rabu, Kamis dan Jum'at hanya untuk olahraga.
Anak - Anak Pranten Bersama Gallerians

Informasi terbaru bahwa akan dibangun SMPN 4 Bawang di lahan bekas telaga diantara dukuh Rejosari dan dukuh Sigemblong. Semoga dapat memberikan semangat untuk minat belajar hingga SMP.

Lahan Bekas Telaga Yang Akan Dibangun SMP 4 Bawang

Kami Batang Gallery juga mencoba merintis perpustakaan sebagai sarana belajar alternatif belajar mereka. Perpustakaan ini didirikan di rumah Pak Samsudin (Ketua Dukuh Bintoro Mulyo). Anak Bintoro Mulyo sangat antusias dengan adanya perpustakaan ini.
Rintisan Perpustakaan Bintoro Mulyo Pranten

Kami mengajak Anda sekali lagi untuk peduli dengan keadaan teman-teman kita di Bintoro Mulyo dengan berbagi buku bacaan layak anak dan peralatan tulis (pensil, ballpoint, penghapus, tipe-x, dll). Mereka sangat bersemangat dengan kepedulian kita. Semoga dapat termotifasi untuk tetap belajar meskipun melalui buku bacaan.

Sumbangan buku bacaan dan alat tulis dapat dikirimkan ke alamat :
Batang Gallery
Jalan Raya Pucungkerep No. 7 Rt. 3 Rw. 5 Dukuh Pucungkerep Desa Sengon Kecamatan Subah Kabupaten Batang - Jawa Tengah 51262
Phone : +62 8532 835 4442

Rilis Media Cetak :
Suara Merdeka, 1 September 2014

0 komentar :

Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.