Visit Batang "an Old District Land Javanese Culture"
Anda diperbolehkan mengutip atau mengambil informasi dari blog ini dengan tetap mencantumkan alamat kami http://batanggallery.or.id

Profil

Batang Gallery nama ini digunakan sejak 6 Desember 2013, sebelumnya bernama Gallery Photo Kabupaten Batang. Banyak orang yang telah melihat dan mengakui sepak terjangnya, namun banyak juga yang hingga saat ini masih tetap tidak percaya.

Batang Gallery adalah organisasi kepemudaan daerah (nirlaba) yang bertujuan mengenalkan dan insyaAllah mengelola potensi daerah. Motto yang digunakan adalah Kenali, Kenalkan, dan Kelola. Terbentuk pada tanggal 28 Oktober 2008 dan hingga kini terus berkembang dewasa untuk maju menjadi bagian partisipasi pembangunan daerah. Pada awal terbentuknya hingga saat ini, Batang Gallery bukanlah organisasi di bawah naungan pemerintah. Batang Gallery tidak bentukan pemerintah namun independen.

Gallerian (sebutan bagi aktifis Batang Gallery) adalah merupakan kayu bakar yang akan terus membakar semangat Batang Gallery sebagai api unggunnya. Masing - masing Gallerian pada dasarnya hanya memiliki semangat dan kecintaan kepada daerah dan memiliki rasa bosan teramat tinggi dengan kondisi daerah yang saat ini terjadi. Sehingga mereka ingin sekali mencari harta karun yang dapat dibanggakan oleh masyarakat Batang.
Beberapa kegiatan sudah dilaksanakan Batang Gallery, diantaranya :
  1. Ekspedisi Batang 2009 "Jelajah Insfrastrur Daerah"
  2. Batang Gallery 2011 "Kenali Budaya dan Ekspresikan Seni Daerah"
  3. Batang Gallery 2012 "Kenali Budaya dan Ekspresikan Seni Daerah"
  4. Pameran Foto Potensi Minggu Pagi 2012
  5. Ekspedisi Batang 2012 "Mengenal Lebih Dekat Kabupaten Batang"
  6. Pameran Foto Ekspedisi Batang 2012 Batang Expo 2012
  7. Ekspedisi Batang 2013 "Melihat dan Menuliskan Budaya"
  8. Diskusi Budaya dan Pelatihan Jurnalistik 2013 "Pentingnya Cagar Budaya bagi Identitas Daerah"
  9. Pameran Foto Potensi Daerah Batang Expo 2013
  10. Ekspedisi Batang 2014 "Eksplore Bakti Pranten"

Batang Gallery 2011/2012
Ekspedisi Batang 2011
Ekspedisi Batang 2012
Ekspedisi Batang 2013
Bagaimana pendanaannya? Jika banyak orang tanya demikian, maka Gallerian akan dengan mudah menjawabnya "Ketika Anda mencintai sesuatu, Anda dengan mudah melakukan apa saja untuk menjadikannya lebih indah". Itulah yang sedang kami alami, Gallerian sedang Kasmaran dengan Batang. Karena Gallerian lahir, besar, dan dididik di sini. Karenanya yang Gallerian lakukan adalah menghimpun orang - orang yang baik untuk membantu pelaksanaan kegiatannya. Ada kalanya kegiatan Batang Gallery didukung pemerintah, dan sering pula Gallerian harus iuran untuk mengusahakan tujuan yang sudah disusun tetap dapat diwujudkan walaupun dengan sederhana tapi penuh arti.

Selain kegiatan yang dilaksanakan Batang Gallery sendiri, juga mengikuti beberapa kegiatan yang diantaranya :
    1. Workshop Intregitas - Roadshow Youth Proactive - Hari Anti Korupsi Internasional 2012.
    2. ASEAN Blogger Festival Indonesia 2013
    3. Save The Mangrove, Save The Earth. Dipo Star Finance Peduli bekerjasama dengan Sekber Pecinta Alam Kab. Batang. 2013
    4. Blogger Nusantara 2014
    5. Seminar Syailendra Kabupaten Batang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang 2014
    6. Rencana Aksi Kota Pusaka oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah 2014
    Batang Gallery juga terlibat dalam kegiatan pemerintahan :
    1. Tim Pengkaji Cagar Budaya Kabupaten Batang dalam rangka persiapan Museum Purbakala Kabupaten Batang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang 2014.
    2. Pendukung Data dalam rangka Penyusunan Kota Pusaka Kabupaten Batang oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Batang 2014.
    3. Pendukung Data dan Desain dalam rangka penyusunan brosur dan buku panduan wisata Kabupaten Batang tahun 2012 s.d. 2014 oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Batang.
    4. Pendukung Data dalam rangka penyusunan buku investasi DPPKAD Kabupaten Batang 2014.

    Ingat bahwa Batang Gallery adalah organisasi nirlaba yang bertujuan mengenalkan dan insyaAllah mengelola potensi daerah. Batang Gallery sangat sadar bahwa semangatlah yang akan terus menuntunnya untuk melakukan sesuatu untuk merubah keadaan yang lebih baik. Batang Gallery bukanlah bentukan dari pemerintah. Namun Batang Gallery sadar bahwa kegiatan yang dilakukannya harus dikoordinasikan dengan pemerintah sehingga dapat saling mengisi.

    Yakinlah bahwa semuanya jika dilakukan dengan penuh cinta dan kesungguhan untuk menitinya maka tak ada yang mustahil bahwa hari esok sampai pada tujuan. Jika Batang Gallery bisa, kenapa Anda tidak? Ayo lakukan sesuatu untuk Kabupateb Batang

    0 komentar :

    Ide, pesan, kiritik dan saran Anda sangat berarti untuk pengembangan Batang Gallery.